Senin, 28 September 2015

Persiapan Pendakian Gunung



Persiapan umum untuk mendaki gunung antara lain kesiapan mental , fisik, etika, pengetahuan dan ketrampilan. Perencanan pendakian hal hal yang perlu diperhatikan dlm perencanaan pendakian : Mengenali kemampuan diri dalam tim dalam Menghadapi medan mempelajari medan yang akan ditempuh teliti rencana pendakian dan rute yang akan ditempuh Secermat mungkin pikirkan waktu yangdigunakan dalam pendakian Periksa segala perlengkapan yang akan dibawa Perlengkapan Dasar
PERLENGKAPAN JALAN (UNTUK MEDAN GUNUNG HUTAN)
1. Sepatu Mempunyai kegunaan sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki Harus kuat untuk pemakaian yang berat Untuk medan gunung hutan diperlukan sepatu : Melindungi telapak kaki sampai mata kaki Kulit tebal, tidak mudah sobek Lunak bagian dalam, masih memberikan ruang bagi gerak kaki Keras bagian depannya, untuk melindungi jari kaki (tidak dianjurkan memakai sepatu pekerja tambang, yang bagian depan sepatu sangat keras karena dilapisi dengan besi, selain berat juga akan merusak jari kaki jika ada perubahan suhu) Bentuk sol bawahnya harus dapat menggigit tanah ke segala arah dan cukup kuat. Ada lubang ventilasi, yang bersekat halus sehingga air dan udara lewat untuk pernafasan kulit telapak kaki.
2. Kaus Kaki Yang perlu diperhatikan : menyerap keringat. Gunanya : · Melindungi kulit kaki dari pergesekan dengan kulit sepatu. · Menjaga agar kulit kita tetap dapat bernafas. · Menjaga agar kaki tetap hangat pada daerah yang dingin.
3. Celana Jalan Yang perlu diperhatikan : Kuat, lembut Ringan Tidak mengganggu gerakan kaki, jahitannya cukup longgar Praktis Terbuat dari bahan yang menyerap keringat Mudah kering, bila basah tidak menambah berat Bahan celana yang terbuat dari katun cukup baik, tidak terlalu tebal, tahan duri, mudah kering.
4. Baju Jalan Yang perlu diperhatikan : Melindungi tubuh dari kondisi seikitar Kuat Ringan Tidak mengganggu pergerakan Terbuat dari bahan yang menyerap keringat Praktis Mudah kering
5. Topi Lapangan Yang perlu diperhatikan : Melindungi kepala dari kemungkinan akibat duri Melindungi kepala dari hujan, terutama kepala bagian belakang. Harus kuat dan tidak mudah robek, untuk medan gunung hutan dianjurkan memakai topi rimba atau semacam topi Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar