Rabu, 09 September 2015

Arti pecinta Alam


Pecinta alam dapat diartikan dari asal katanya yaitu ‘Pecinta’ artinya orang yang mencintai, dan alam dapat diartikan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Kalau kita perjelas lagi, alam berarti segala sesuatu yang berada di sekitar kita, baik benda hidup maupun benda mati, yang ada di dunia ini. Udara, tanah, dan air merupakan bagian dari alam yang membantu kelangsungan hidup kita. Demikian pula dengan tanaman, hewan, dan manusia,mereka termasuk bagian dari alam ini. Keberadaan mereka satu dengan yang lain saling bergantungan. Jadi, jelas bahwa diri kita masing-masing pun merupakan bagian dari alam semesta ini. Lalu dapatkah kita mengatakan bahwa Pecinta Alam adalah orang yang mencintai alam semesta beserta isinya? Yang dapat dikatakan pecinta alambisa di bedakan dalam beberapa kelompok:
·         Kelompok Pertama adalah mereka yang menyalurkan hobby dengan menggeluti alam   bebas. Mereka yang biasa atau gemar berada dalam posisi meghadapi tantangan untuk mencari ”kepuasan” tersendiri. Kegiatannya meliputi pendakian gunung, panjat tebing, telusur gua, jelajah hutan,dll.
·         Kelompok Kedua adalah mereka yang berorientasi pada penyelamatan lingkungan hidup. Contoh kegiatannya penanaman mangrove, penangkaran flora dan fauna, operasi SAR, pengamatan social ekonomi-budaya masyarakat dan lain-lain.
·         Kelompok ketiga adalah ,ereka yang melakukan kegiatan kelompok pertama dan kedua.
Mereka yang selain menggeluti alam bebas, mereka juga berusaha melakukan penyelamatan lingkungan hidup. Dengan mengikuti komunitas pecinta alam ini kita dapat mendapatkan pengalaman bagaimana cara menjaga alam sekitar kita, agar kelak dapat berguna bagi anak cucu kita. Hal prinsip yang perlu di perhatikan dalam melakukan tindakan mencintai alam :
1. Mengagumi , menyenangi, menyayangi alam.
2. Menjaga, memelihara, pempertahankan dan memperbaiki alam sebatas kemampuan dan sesuai kebutuhan.
3. Memamfaatkan, mengambil makna dan hasilyang di butukan dari alam dengan tidak meninggalkan jejak yang negative.
4. Menyadari, menghayati dan mengamalkan sepenuuhnya kerja sama antara sesama koponen alam yang saling menguntungkan.
Dengan memperhatikan kriteria tersebut maka dapatlah dibedakan tindakan yang mencintai alam dan yang tidak.

0 komentar:

Posting Komentar