Selasa, 08 September 2015

Pecinta Alam


Pecinta alam menurut pendapat saya adalah  organisasi yang memiliki tujuan yang dimiliki oleh para pecinta alam. Persepsi kebanyakan orang tentang organisasi pecinta alam ialah organisasi yang kegiatannya mendaki, panjat tebing, menyelam, penghijauan, SAR dan sebagainya. Benarkah begitu?.
       Pertanyaannya, apa tujuan pecinta alam? Jawabannya tidak terhitung. Mengapa? Jawabannya mari kita kembali memperhatikan defenisi pecinta alam, ada yang bisa membantah tidak kalau saya katakan mengajar, meneliti, dan sebagainya adalah tujuan pecinta alam? Semua kegiatan itu kan mencintai alam beserta isinya (termasuk mencintai manusia).
       Oleh karena itu, organisasi pecinta alam boleh dikatakan sebagai sebuah organisasi yang sempurna walaupun kata orang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Mengapa? karena organisasi ini menyangkut semua yang ada di alam ini. Kegiatan-kegiatan seperti mendaki, memanjat tebing, susur goa dan sebagainya yang sudah menjadi ciri dari organisasi pecinta alam hanya untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap alam serta menyalurkan hobi. Namun, jangan heran jika muncul sebuah organisasi yang menyebut dirinya organisasi pecinta alam namun kegiatannya cuma seminar lingkungan hidup dan sebagainya.
pecinta alam sebenarnya punya ”gen” pejuang gigih yang tanpa pamrih. Namun, pecinta alam malah terkesan sebagai penikmat alam. Bukan sebagai. pecinta yang ”tulus dan penuh kasih sayang. Kegiatan pecinta alam tak lagi sebatas mendaki gunung. Pecinta alam mulai mengenal panjat tebing (rock climbing) dan dinding (wall climbing). Arung jeram (rafting), Penelusuran gua (caving) dan lain sebagainya. Lomba lintas alam, kompetisi orientering, ekspedisi dalam skala besar kerap digelar. Nyaris tak ada gunung, tebing, gua, hutan rimba, sungai di Indonesia yang belum didatangi pecinta alam. Pecinta alam Indonesia juga mulai mendaki gunung es di luar negeri.Gagasan mendaki tujuh puncak benua (Seven summit) secara bertahap direalisasikan..Memang tak banyak orang itu mengerti makna hakiki pecinta alam. Tak sedikit pula orang mencintai alam hanya mengikuti trend semata. Banyak juga yang cuma mengaku-ngaku pecinta alam. Mereka yang "mendadak pecinta alam" inilah yang kesana kemari mendaki gunung hanya untuk mengejar pengakuan sebagai pecinta alam. Padahal mereka tidak mencintai alam. Situasi itu akhirnya menjadi masalah tersendiri bagi pecinta alambeneran. Karena dari sanalah kemudian pecinta alam mendapat stigma sebagai kelompok hura-hura, semau gue dan datang ke alam hanya untuk menikmati alam demi kepuasan pribadi belaka dengan cara merusak alam.



0 komentar:

Posting Komentar